TEKNOLOGI INFORMASI
PEMBAHASAN
1. PENGERTIAN INFORMASI
Istilah informasi Sering kita soroti
dalam lingkup Teknologi, seperti istilah teknologi informasi yang umum kita
ketahui. Namun informasi memiliki pengertian yang sangat luas bukan hanya ada
dalam teknologi. Meskipun kenyataannya tidak bisa kita pungkiri bahwa informasi
ini memiliki kaitan erat dengan teknologi, karena dengan perkembangan teknologi
itu sendiri informasi juga berkembang dengan pesat, karena itu tepat lah bahwa
perkembangan teknologi dan informasi ini membentuk sebuah era yaitu “Era
Informasi”.
Teknologi
informasi dan komunikasi mencakup dua aspek yaitu , Teknologi Informasi dan
Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi mencakup segala hal yang berkaitan
dengan proses , penggunaan sebagai alat bantu , manipulasi , dan pengelolaan
informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi mencakup segala hal yang berkaitan
dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari
perangkat yang satu ke lainnya. Maka Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah
suatu kesatuan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang
segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan , manipulasi , pengelolaan dan
transfer atau pemindahan informasi .
Adapun pengertian Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) menurut para ahli :
1.
Menurut
Susanto Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah sebuah media atau alat
bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu
data atau informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat
digunakan untuk alat komunikasi baik satu arah ataupun dua arah.
2.
Menurut
Eric Deeson , Harper Vollins Publishers , Dictonary of Information Technology “
Information Technology (IT) the handling of information by electric and
electronic (and microelectronic) means.” Here handling includes transfer ,
processing , storage and access, IT special concern being the use of hardware
and software for these tasks for the benefit of individual people and society
as a whole.” Dari penjelasan diatas : kebutuhan manusia didalam mengambil dan
memindahkan , mengolah dan memproses informasi dalam konteks social yang
mengungtungkan diri sendiri dan masyarakat secara kesulurahan. Bagaimana
implikasinya agar dapat menguntungkan secara individual dan masyarakat secara
keseluruhan tidak didefinisikan secara lebih khusus.
Secara Etimologi, Kata informasi ini
berasal dari kata bahasa Perancis kuno informacion (tahun 1387) mengambil
istilah dari bahasa Latin yaitu informationem yang berarti “konsep, ide atau
garis besar,”. Informasi ini merupakan kata benda dari informare yang berarti
aktivitas Aktifitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan”,
Informasi bisa menjadi fungsi
penting dalam membantu mengurangi rasa
cemas pada seseorang. Menurut pendapat Notoatmodjo (2008) bahwa semakin banyak
memiliki informasi dapat memengaruhi atau menambah pengetahuan terhadap
seseorang dan dengan pengetahuan tersebut bisa menimbulkan kesadaran yang
akhirnya seseorang itu akan berperilaku sesuai dengan pengetahuan yang
dimilikinya.
Definisi Informasi dalam KBBI Informasi /in•for•ma•si/
Berarti
1. penerangan;
2. pemberitahuan; kabar atau berita tt sesuatu;
3. Ling keseluruhan makna yg menunjang amanat yg terlihat dl
bagian-bagian amanat itu;
2.
PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI INFORMASI
1.
Masa Prasejarah
Orang purba berkomunikasi dengan
menggambarkan informasi yang mereka peroleh dengan cara menggambarkannya di
dinding-dinding gua. Selain menggunakan gambar di gua, orang pada zaman dahulu
menggunakan asap untuk melakukan komunikasi. Hal ini biasa dilakukan oleh suku
bangsa Indian di Amerika. Mereka menggunakan asap sebagai tanda peringatan,
tanda bahaya, dan meminta bantuan.
Tulisan mulai dikenal pada tahun
3.000 SM oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol. Di Indonesia sendiri,
tulisan mulai dikenal pada zaman kerajaan-kerajaan kuno, seperti Kutai,
Pajajaran, Majapahit, dan Sriwijaya. Pada masa kerajaan kuno, penggunaan
tulisan sebagai alat komunikasi hanya terbatas sebagai kegiatan surat-menyurat
antarkerajaan. Orang-orang kerajaan menggunakan berbagai bahan, seperti kulit
kayu, daun lontar, serta batu prasasti sebagai media komunikasi. Pada saat itu,
alat komunikasi hanya digunakan oleh kalangan-kalangan tertentu, seperti raja
dan bangsawan.
2. Masa
Modern
Bagaimanakah perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi pada masa modern? Seiring perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, masa modern merupakan masa keemasan bagi teknologi
informasi dan teknologi. Pada masa modern, telah diciptakan alat-alat dan
sistem canggih untuk mempermudah manusia melakukan komunikasi. Apa saja
alat-alat komunikasi pada masa modern? Berikut akan dijelaskan tiga contoh
media komunikasi modern yang sangat dikenal.
a. Surat Kabar
Surat kabar adalah media cetak yang berisi
berbagai informasi. Surat kabar disebut juga dengan koran. Di dalam koran
terdapat informasi dengan berbagai topik, seperti peristiwa politik, olah raga,
hiburan, budaya, dan cuaca.
Jika
dilihat dari isinya, koran dapat dibagi menjadi koran umum dan koran khusus.
Koran umum biasanya terbit setiap hari dan memuat berbagai informasi umu.
Adapun koran khusus ada yang terbit seminggu sekali atau sebulan sekali. Koran
khusus biasanya berisi informasi dalam bidang-bidang tertentu, seperti
informasi bidang pertanian, industri, olahraga, dan kesenian.
Seiring dengan perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi, sekarang koran tidak hanya berbentuk kertas
saja. Sekarang koran disertai dengan versi online-nya di jaringan internet.
Tahukah kamu koran di Indonesia yang memiliki versi online-nya?
b. Telepon
Telepon pertama kali diciptakan oleh
Alexander Graham Bell (Redaksi Kelas abil:Perlu ditela'ah lagi sumbernya) pada
tahun 1876. Telepon merupakan alat yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui
sinyal listrik. Dengan menggunakan telepon, kita dapat berkomunikasi secara
lisan dengan seseorang yang berjarak jauh.
Telepon merupakan alat komunikasi
yang sangat bermanfaat dan sangat praktis. Oleh karena itu, perkembangannya
sangatlah pesat. Pada awalnya, telepon hanya terbatas pada telepon tetap (fixed
line telephone). Namun sekarang, teknologi telepon telah berkembang menjadi
telepon seluler (handphone). Telepon seluler sangat praktis digunakan karena
dapat digunakan dimana saja. Hingga saat ini, teknologi handphone telah
berkembang sangat pesat. Handphone sekarang bukan hanya sebagai alat untuk
menelpon, namun dapat digunakan juga sebagai pemutar musik, video, dan kamera.
c. Televisi
Televisi ditemukan pada tahun 1883
oleh Paul Nipkow. Penemuan televisi berawal dari ditemukannya cakram logam
(metal) yang berputar dan memiliki banyak lubang. Televisi merupakan alat
penangkap siaran bergambar. Saat ini, televisi memberikan begitu banyak manfaat
dan informasi kepada kita. Dari siaran-siaran yang ditayangkan televisi, kita
dapat memperoleh informasi mengenai berita, olahraga, dan hiburan. Televisi
menjadi alat komunikasi yang penting bagi manusia. Sekarang, hampir di setiap
rumah terdapat televisi.
Perkembangan teknologi televisi
begitu pesat. Dulu, kita hanya bisa menikmati televisi hitam putih, namun
sekarang kita bisa menikmati televisi berwarna. Dari segi layarnya pun dulu
berbentuk cembung, sekarang terdapat televisi plasma dan berlayar datar.
d. Komputer
Saat ini, manusia sangat terbantu
pekerjaannya oleh suatu alat yang disebut komputer. Semua pekerjaan menjadi
lebih efisien dengan bantuan komputer. Hampir di setiap rumah dan perkantoran
kita dapat menemukan komputer.
Komputer berasal dari kata to
compute yang berarti menghitung. Untuk mempelajari sejarah komputer, kita tidak
bisa lepas dari sejarah perkembangan alat hitung. Hal ini disebabkan oleh dasar
prinsip kerja komputer sebagai alat hitung.
Perkembangan komputer dimulai dengan
adanya alat yang disebut Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu. Alat
ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian
geser yang diatur pada sebuah rak.
Pada tahun 1642, Blaise Pascal,
menemukan kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator). Alat ini
kemudian dinamakan Pascaline. Pascaline menggunakan delapan roda putar
bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan
alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya
terbatas untuk melakukan penjumlahan.
Tahun 1694, seorang matematikawan
dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz memperbaiki Pascaline dengan
membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik
ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.
Perkembangan selanjutnya dilakukan
oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage. Pada tahun 1822, ia
menciptakan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensial.
Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Mesin tersebut kemudian berkembang
menjadi Analytical Engine. Anlytical Engine terdiri atas sekitar 50.000
komponen. Desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi
(berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut.
Anylitical
Engine menjadi pelopor perkembangan komputer pada tahun-tahun kedepannya.
Berikut
akan dijelaskan perkembangan komputer dari tahun ke tahun.
1)
Komputer generasi pertama
Komputer generasi pertama ini
menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. Komputer generasi
pertama dapat membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan
cepat dan tepat. Beberapa komputer generasi pertama, antara lain ENIAC
(Electronic Numerical Integrator And Calculator), EDVAC Computer, EDSAC
COMPUTER, dan UNIVAC 1 Computer.
2)
Komputer generasi kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor
sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor mulai digunakan di dalam
komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori
inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil,
lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para
pendahulunya.
Komputer-komputer generasi kedua ini
merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki
komponenkomponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini:
printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer
pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri.
Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer
generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
3)
Komputer generasi ketiga
Perkembangan komputer generasi ketiga komputer
menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip.
Transistor yang digunakan di komputer generasi kedua digantikan dengan IC
(Integrated Circuit). Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah
penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk
menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program
utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
4)
Komputer generasi keempat
Perkembangan komputer generasi
keempat bertujuan mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.
Pada komputer generasi keempat, dikembangkan teknologi Large Scale Integration
(LSI) yang dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-
an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah
chip tunggal.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan
penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan
sekolah. IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, AMD k6, dan
Athlon, merupakan sebagin komputer yang masuk ke dalam golongan komputer
generasi keempat.
5)
Komputer generasi kelima
Rencana masa depan komputer generasi
ke lima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI).
Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia.
Ciri
ciri komputer generasi kelima adalh sebagai berikut :
1. Komputer generasi ini masih dalam tahap pengembangan dan
pemakainya belum banyak. Pengembangan
komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang
2. Komponen elektronikanya menggunakan bentuk paling baru dari
chip VLSI
3. Program dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan
LISP (List Processor)
4. Komputer generasi kelima difokuskan kepada AI (Artificial
Inteligence / Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan
penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog
tingkah laku manusia.
3 .
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI
Komputer adalah alat yang dipakai
untuk mengolah data, menyimpan dan menyajikan data serta menampilkannya menjadi
sebuah informasi. Istilah komputer berasal dari bahasa latin “Computare” yang
mengandung arti “Menghitung”. Tetapi seiring perkembangan zaman komputer tidak
hanya berfungsi untuk pengolahan data aritmatika tetapi juga dipakai untuk
banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika (Suryadi, 1996).
Penggunaan komputer sangat beragam sesuai
fungsi dan data yang diolah. Komputer digital pertama, memiliki ukuran yang
besar dan membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. Komputer pada masa itu
umumnya digunakan untuk mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS
semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan
(artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom
hidrogenakan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada
Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan lebih dari satu juta kartu
punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk
1/CSIRAC, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk
tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan
Hidroelektrik besar. Selain itu juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya
komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia
II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan
membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain (Hasyim, 2008).
Penemuan mikroprosesor di 1970-an,
menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer
untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen.
Perhitungan meramalkan dan berulang matematika dengan lembatang sebar,
berhubungan dengan e-posdan, internet (Wahono, 2006). Ukuran komputer seiring perkembangan zaman
dapat digolongkan ke dalam komputer mikro(micro computer), komputer mini (mini
computer), komputer kecil (small computer), komputer menengah (medium
computer), komputer besar (large computer) dan komputer super (super computer)
(Supriyanto, 2005).
Adapun
manfaat dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi bagi manusia
adalah sebagai berikut :
1.
Berkomunikasi menjadi lebih mudah dan cepat
Manfaat
dari perkembangan teknologi dan informasi yang pertama adalah memudahkan dan
mempercepat komunikasi. Kehadiran teknologi komunikasi dan informasi baru telah
menimbulkan revolusi komunikasi di seluruh dunia. Di masa lalu, dibutuhkan
waktu yang sangat lama untuk memperoleh atau mengirimkan pesan kepada orang
lain.
Kini,
komunikasi dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat berkat adanya internet
sebagai media komunikasi. Melalui koneksi internet yang cepat, kita dapat
berkomunikasi melalui surat elektronik, konferensi video, dan lain-lain secara
cepat sehingga menghemat waktu dan biaya.
2.
Memudahkan akses informasi
Selain
memberikan kemudahan dalam berkomunikasi, kehadiran internet juga memberikan
kemudahan dalam mengakses informasi. Kini kita dengan mudah dapat mengakses dan
memperoleh jenis-jenis
informasi maupun jenis-jenis berita
dengan mudah kapan pun dan dimana pun. Kemudahan mengakses informasi memberi
dampak pada semakin meningkatnya pengetahuan yang kita miliki.
3.
Mempersingkat waktu dan memangkas biaya
Dalam dunia
industri, waktu dan biaya sangat penting dalam produksi. Sebelum adanya
teknologi komunikasi dan informasi, produksi dilakukan secara manual serta
membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit karena sepenuhnya bergantung
pada tenaga manusia.
Setelah
kehadiran teknologi komunikasi dan informasi, produksi dapat dilakukan setiap
hari, cepat dan biaya pun dapat dipangkas. Hal ini sekaligus dapat meningkatkan
laba bagi setiap perusahaan.
4.
Proses perdagangan dilakukan secara elektronik
Dalam dunia
bisnis, perdagangan adalah kegiatan pertukaran, pembelian, dan penjualan
berbagai macam komoditas kepada sejumlah besar orang yang melibatkan pergerakan
dari satu tempat ke tempat lain. Sebelum adanya teknologi komunikasi dan
informasi, perdagangan dilakukan secara barter atau bertukar barang.
Sistem
perdagangan barter ini kemudian berganti dengan sistem pembayaran seiring
dengan ditemukannya alat pembayaran. Proses jual beli pun dilakukan dengan
menggunakan alat pembayaran yang sah. Sistem semacam ini membuat proses
perdagangan berjalan dengan sangat lambat dan berbiaya mahal. Tak jarang para
pemasar harus mencari cara untuk memasarkan produknya ke pasar global.
Seiring
dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, perdagangan kini dapat
dilakukan secara elektronik atau e-commerce. E-commerce memegang peran
yang sangat penting dalam ekonomi karena didalamnya terkandung proses
perdagangan yang memungkinkan konsumen untuk mencari dan membeli produk secara
daring.
5.
Transaksi secara daring
Terkait
dengan perdagangan secara daring, proses transakasi pun kini dapat dilakukan
secara daring. Hal ini dapat kita temui dalam sistem perbankan. Sebelum
berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi, sistem perbankan dilakukan
secara manual dengan cara mengambil deposit secara langsung. Selain itu,
transaksi juga hanya dapat dilakukan selama jam kerja dan hari kerja.
Namun,
kehadiran teknologi komunikasi dan informasi telah mengubah sistem perbankan
menjadi lebih maju. Kini proses transaksi dapat dilakukan selama 24 jam, kapan
pun dan dimana pun. Berbagai layanan perbankan secara daring pun kini banyak
ditawarkan seperti layanan daring, dan lain-lain.
6.
Membuat proses komunikasi
pembelajaran menjadi semakin menarik
Teknologi
komunikasi dan informasi baru tidak hanya dimanfaatkan di bidang ekonomi
melainkan juga di bidang pendidikan. Saat ini, berbagai media pembelajaran yang
berbasis komputer dan internet mulai digunakan di dunia pendidikan. Kegiatan
belajar mengajar tidak lagi hanya terjadi di ruang kelas namun dapat dilakukan
secara daring.
Penggunaan
teknologi komunikasi dan informasi di dunia pendidikan semacam ini lazim
disebut dengan e-learning. Dengan e-laerning, berbagai materi
pembelajaran pun disajikan secara multimedia yang sekaligus merupakan karakteristik
media pembelajaran atau ciri-ciri media
pembelajaran yang lebih modern karena memiliki kemampuan untuk memantau
kegiatan pembelajaran jarak jauh secara real-time.
7.
Membantu proses komunikasi pemerintahan
Manfaat
dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi lainnya adalah membantu
proses komunikasi
pemerintahan.
Kini,
teknologi komunikasi dan informasi pun mulai merambah ke dalam pemerintahan.
Berbagai sistem pemerintahan di seluruh dunia mulai menggunakan teknologi
informasi untuk menyuguhkan akses kepada masyarakat untuk memperoleh informasi
pemerintah yang dikenal dengan e-government. Hak warga negara untuk
memperoleh informasi yang jelas, akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan pun
dapat terpenuhi.
8.
Komunikasi tanpa batas
Kehadiran
internet sebagai hasil dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi
telah memberikan pengaruh pada komunikasi antar manusia. Kehadiran internet
sebagai faktor pendukung komunikasi
online telah membuat
komunikasi dan informasi menjadi tanpa batas.
Kita dapat
mengetahui informasi tentang berbagai peristiwa di seluruh dunia dan
berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Kita tidak perlu harus pergi
ke berbagai negara untuk berkomunikasi dengan teman atau siapa pun yang ada di
negara seberang.
9.
Berbagi informasi secara efektif
Semakin
berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi mengakibatkan semakin mudahnya
kita saling bertukar informasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Orang-orang
dapat saling berbagi dan bertukar informasi, pendapat, atau berita melalui
diskusi kelompok atau forum-forum daring lainnya dan berdampak pada semakin
bertambahnya pengetahuan.
10.
Membuka peluang untuk dapat bekerja secara daring
Bekerja
secara daring atau bekerja jarak jauh adalah salah satu manfaat lain dari
perkembangan teknologi komunikasi dan informasi.
Kini,
banyak sekali orang lebih menyukai untuk bekerja secara daring karena
mempertimbangkan berbagai macam hal seperti lebih nyaman mengurangi pengeluaran
biaya transportasi yang harus dikeluarkan oleh karyawan, mengurangi waktu untuk
pergi dan pulang kerja, tingkat stress yang lebih rendah, dan lain-lain.
Namun,
untuk dapat bekerja secara daring perlu memperhatikan hal-hal yang dapat
menunjang kerja daring seperti insfrastruktur teknologi informasi yang
berkualitas, literasi komputer yang baik, jenis pekerjaan yang dapat dilakukan
di berbagai tempat dengan menggunakan komputer dan progam komputer tertentu,
karyawan yang memiliki sikap profesional dalam bekerja, dan lain-lain.
11.
Membentuk komunitas virtual
Istilah
komunitas virtual atau komunitas online meliputi sekelompok orang yang
berkomunikasi melalui jejaring sosial, forum, layanan pesan instan, atau pun
blog. Disebut komunitas karena terdiri dari sekelompok orang yang memiliki
minat dan kegemaran yang sama dan berpartisipasi dalam kelompok yang dibentuk.
Sementara
itu, disebut virtual karena mereka tidak melibatkan kontak fisik. Manfaat komunitas online tentu sangat beragam, selain
selain sebagai wadah kreatifitas dan saling berbagi informasi, komunitas
virtual atau komunitas online juga dapat mempererat silaturahmi di
antara anggota kelompok.
12.
Memangkas biaya komunikasi
Manfaat
dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi selanjutnya adalah dapat
memangkas biaya komunikasi. Dulu, ketika teknologi komunikasi dan informasi
belum berkembang seperti sekarang, biaya komunikasi begitu membengkak. Untuk
berkomunikasi antar kota melalui jaringan telepon dibutuhkan biaya yang tidak
sedikit.
Kini,
dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi, berbagai
peralatan komunikasi seperti telepon pintar pun diproduksi secara massal dan
dengan harga yang terjangkau.
Setiap
orang dapat berkomunikasi dengan siapa pun, dimanapun dan kapan pun. Untuk
berkomunikasi jarak jauh, sepanjang terhubung dengan internet, dapat dilakukan
melalui berbagai layanan pesan instan dan biaya nya pun terjangkau. Hal ini
juga memungkinkan orang-orang untuk memiliki akses terhadap data yang berlimpah
dengan harga bersaing.
13.
Terciptanya beragam alat berteknologi modern
Perkembangan
teknologi komunikasi dan informasi tak dipungkiri berdampak pada ditemukannya
berbagai peralatan yang berteknologi modern. Alat-alat ini tentu sangat
bermanfaat dan membantu kehidupan manusia di berbagai bidang jika digunakan
sesuai dengan fungsinya.
Misalnya,
komputer. Setelah kelahiran komputer generasi kelima, kini teknologi komputer
menjadi semakin canggih, modern, dan memuaskan. Semakin canggihnya kinerja
komputer tentu sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia di berbagai bidang
seperti kesehatan, pendidikan, militer, dan lain-lain.
14.
Terciptanya lingkungan yang tanpa kertas
Semakin
pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi secara tidak langsung
telah menciptakan lingkungan yang tanpa kertas. Dalam artian, berbagai
informasi kini tidak lagi disimpan dalam bentuk hardcopy melainkan softcopy
sehingga dapat disimpan dan dipanggil kembali melalui media digital bila
diperlukan.
Misalnya
komunikasi online atau komunikasi daring yang dilakukan melalui surat
elektronik, pesan instan dan lain sebagainya sejatinya membantu menciptakan
lingkungan tanpa kertas.
Semakin
sedikit jumlah kertas yang digunakan maka lingkungan hidup pun akan akan
semakin terjaga seiring dengan semakin terjaganya ekosistem hutan akibat
semakin sedikitnya jumlah pohon yang ditebang sebagai bahan utama
pembuatan kertas.
15.
Lingkungan lebih terjaga
Manfaat
dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang terakhir adalah
membuat lingkungan sekitar menjadi lebih terjaga. Mengapa demikian? Semakin
pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi tentu akan berdampak
pada semakin banyaknya jumlah perangkat baru yang diproduksi.
Orang-orang
pun cenderung akan membeli produk baru yang berteknologi baru guna menunjang
pekerjaannya. Hal ini berdampak pada tidak lagi digunakannya perangkat lama
karena tidak sesuai dengan kebutuhan. Akibatnya perangkat lama tersebut akan
dibuang.
Agar tidak
merusak lingkungan, kini berbagai komponen komputer atau perangkat lainnya
dapat didaur ulang. Banyak sekali perusahaan yang memberikan layanan untuk
mendaur ulang komputer agar aman dibuang atau dijual dalam bentuk baru.
4.
PENERAPANAN TEKNOLOGI
INFORMASI
Penerapan
komputer sangat memudahkan kehidupan manusia. Seiring perkembangan dunia IT
berimbas pada perkembangan berbagai macam aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek
yang terkena efek perkembangan dunia teknologi komputer adalah pendidikan,
perbankan, industri, penerbangan, militer dan riset biologi (Jogiyanto, 2003).
Adapun penerapan aplikasi komputer di
berbagai bidang yaitu :
1. Dalam
bidang Industri
Penggunaan komputer dalam bidang
industri sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses
produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif. Di bidang industri
dan manufaktur komputer dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi
dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan
numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided Manufacture), CAD (Computer Aided
Design), yaitu untuk merancang bentuk desain sebuah produk yang akan
dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, misalnya munculnya sebuah mesin
serba guna dalam industri metal. Dalam
proses produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau
pengawasan proses (control proces). Pengawasan numeric (numeric control)
berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi mesin-mesin yang
digunakan. Pengawasan Proses berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi
proses yang kontinyu. Komputer untuk pengawasan proses digunakan pada industri
yang mebuta otomatis proses produksi dan mengatur secara otomatis
variable-variabel yang mempengaruhi proses produksi (Yuhefizar, 2003).
Komputer yang dipergunakan untuk
mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer
Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided
Manufacture), CAD (Computer Aided
Design), yaitu untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan
dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, misal sebuah mesin serba guna dalam
industri metal sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang
bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual. Banyak
pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer,
misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainnya (Sudirman, 2003).
Selain itu industri modern saat ini
juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu
dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin
dikerjakan manusia. Contohnya tangan robot dikontrol oleh komputer digunakan
untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip pada motherboard komputer
(Pressman, 2002).
Banyak pula mesin-mesin dalam
industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya melakukan
pewarnaan, membuat border, dan sebagainnya. Selain itu industri modern saat ini
juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu
dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin
dikerjakan manusia. Contohnya adalah merakit kendaraan, mobil, motor, atau
alat-alat berat lain telah dikontrol melalui komputer. Hal tersebut terjadi,
karena dengan dengan pemanfaatan tekonologi komputer pekerjaan di bidang
industri akan lebih cepat terlaksana dan praktis, sehingga manusia hanya
bertugas menjalankan komputer yang telah dirancang untuk mempermudah dalam
proses pekerjaanya.
Dari penjelasan tersebut, dapat
disimpulkan bahwa peran komputer dalam bidang industri besar, di antaranya
adalah sebagai berikut.
a. Sebagai alat bantu untuk merancang produk baru secara cepat,
mudah, dan tepat (akurat).
b. Proses produksi dapat dilakukan dengan sesedikit mungkin
tenaga manusia sehingga mengurangi resiko fisik yang dapat dialami oleh
manusia.
Keuntungan
dari penggunaan teknologi komputer :
· Industri yang telah mampu melakukan e-commerce dapat
mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan
· Mudahnya melakukan pemasangan iklan produk sebuah hasil
industri
Kerugian
yang dapat muncul dari teknologi komputer ini :
1. Mudahnya terjadi cyber crime terhadap jaringan pada sebuah
industri
2. Dapat terjadinya pembobolan rekening perusahaan, yang dapat
menimbulkan kerugian finansial yang besar.
Dari hal ini kita dapat menyimpulkan
bahwa teknologi komputer dapat membawa keuntungan dan kerugian pada sebuah
industri juga karena campur tangan manusia
2.
Dalam bidang Kedokteran atau Kesehatan
Kegunaan komputer di bidang
kedokteran salah satunya adalah untuk mendiagnosa penyakit yang tidak terlihat
dan menemukan obat yang tepat. Komputer memudahkan seorang dokter dalam
menganalisa organ-organ tubuh manusia tanpa operasi dan memudahkan dalam
menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat tanpa melakukan
operasi dengan menggunaan komputer.
Dalam dunia kedokteran telah
ditandai munculnya penggunaan komputer yaitu dengan menggunakan sistem CAT
(Computerized Axial Tomography) digunakan untuk menggambar struktur otak dan
mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan cara menggunakan
sinar-X. Sedangkan untuk yang bergerak menggunakan sistem DSR (Dynamic Spatial
Reconstructor), yaitu melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh. SPECT
(Single Photon Emission Computer Tomography), merupakan suatu sistem komputer
yang mempergunakan gas radiokatif untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang
ditampilkan dalam bentuk gambar. Bentuk lain adalah PET (Position Emission
Tomography) merupakan suatu sistem komputer yang menampilkan gambar yang
mempergunakan isotop radioaktif. Selain itu NMR (Nuclear Magnetic Resonance),
yaitu teknik mendiagnosa dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari
atom hydrogen. Dengan munculnya pemanfaatan komputer dalam bidang kedokteran,
hal tersebut sangat membantu seorang dokter dalam mendiagnosis penyakit
sekaligus memberi obat. Komputer secara tidak langsung telah membantu manusia
untuk mengetahui penyakit yang dideritanya hingga sampai pada tahap
penyembuhan.
Sebagai kesimpulannya, manfaat dari
penerapan komputer dalam bidang kedokteran maupun kesehatan di tiap-tiap
aplikasinya antara lain sebagai berikut :
· Mendiagnosa suatu penyakit dan menentukan obat yang cocok
· Melihat dan menganalisa organ – organ tubuh bagian dalam
manusia
· Memonitoring status pasien, merecord data pribadi pasien dan
riwayat penyakit pasien
· Melakukan penelitian ilmiah yang diperlukan
· Memasukkan, menyimpan, menggelompokkan dan mengolah data –
data secara cepat dan mudah
· Mendeteksi DNA seseorang
· Mengecek dan mengethaui hasil tes darah di laboratorium
· Sebagai alat Bantu dalam pemeriksaan medis
Intinya, dengan adanya komputer
kegiatan – kegiatan yang tadinya belum bisa dilakukan, saat ini sudah dapat
dilakukan dengan komputer. Penggunaan komputer membuat pekerjaan seseorang
menjadi lebih mudah, cepat dan akurat.
3.
Dalam bidang Militer
Di bidang militer komputer digunakan
untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali. Untuk navigasi kapal laut dan
kapal selam, untuk melakukan simulasi peperangan, dan melakukan
pengiriman sandi-sandi rahasia militer (Rahmat, 2003).
Di bidang penerbangan dan luar
angkasa komputer digunakan untuk mengatur kendali pesawat menggantikan pilot,
menghitung ketinggian pesawat, mengendalikan panel-panel kendali seperti keadaan
mesin, bahan bakar, dan kecepatan. Komputer juga digunakan untuk mengendalikan
pesawat ruang angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan
mempelajari keadaan dan isi planet diluar angkasa. Di bidang militer komputer
juga bermanfaat untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali. Komputer juga
digunakan untuk navigasi kapal laut dan kapal selam, juga untuk melakukan
simulasi peperangan, dan melakukan pengiriman sandi-sandi rahasia militer.
Di bidang militer, tentu saja computer memiliki banyak
peranan penting, yaitu di antaranya :
a. Mengendalikan
senjata dan peluru kendali
Komputer digunakan untuk
mensimulasikan perilaku sistem senjata dan memberikan praktik kepada orang yang
dilatih dan memungkinkan mereka belajar dari kesalahan fatal yang mematikan.
Computer juga dapat merekam kinerja yang berlatih dan menampilkannya kembali.
Banyak anggota militer masuk medan perang dengan pengalaman terbatas dalam
penggunaan amunisi.
Computer dapat digunakan untuk
mengidentifikasi target dan mengarahkan peluru mereka. Tentara dan senjatanya
dapat dilengkapi oleh penerima Global Positioning System (GPS) yang
mengidentifikasi lokasi teman atau lawan. Bahkan computer pun dapat membantu
menciptakan penangkal senjata yang notabene canggih seperti penangkal rudal.
Peluru kendali atau biasa disebut rudal, peluru berpandu atau misil adalah
senjata roket militer yang bisa dikendalikan atau memiliki sistem pengendali
otomatis untuk mencari target atau menyesuaikan arah.
Ada beberapa macan peluru kendali, yaitu :
· Balistik merupakan peluru kendali
yang memakai lintasan trayektori yang ditentukan oleh balistik dalam sistem
pengirimannya. Peluru kendali ini hanya dikendalikan dalam masa peluncuran saja
· Jelajah
merupakan peluru kendali yang memakai sayap dan menggunakan jet sebagai tenaga
penggerak. Peluru kendali jelajah intinya adalah bom terbang.
· Anti kapal merupakan rudal yang
fungsi utamanya adalah untuk menghancurkan kapal
b. Operasi persandian dan juga pengirimannya
Selaras dengan peningkatan tugas
umum pemerintah dan pembangunan, perubahan lingkungan stategik persandian, dan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka kegiatan persandian mengalami
banyak perubahan. Pengembangan tersebut meliputi aspek pemanfaatan persandian
di lingkungan instansi pemerintah, pengembangan organisasi, dan pengembangan
teknologi persandian yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan
komunikasi.
Dalam era teknologi informasi modern
dikenal internet dan komputer yang mampu mentransmisikan secara elektronis
(komunikasi elektronis) segala bentuk data informasi secara cepat, tepat,
efektif efisien serta convenient (nyaman, gampang). Bahkan para industri
teknologi informasi meng-claim dapat pula menjamin konfidensialitas
(kerahasiaan) berita/informasinya dalam sistem komunikasi yang umum dan terbuka
itu. Perlu diamati lebih dalam dan tajam apakah ”umum dan terbuka” itu
benar-benar mampu melindungi konfidensialitas atau kerahasiaan pada umumnya.
c. Simulasi Perang
Simulasi adalah program (software)
komputer yang berfungsi untuk menirukan perilaku sistem nyata (realitas)
tertentu. Tujuan simulasi antara lain untuk pelatihan (training), studi
perilaku sistem behaviour) dan hiburan / permainan (game).Beberapa contoh
simulasi komputer, antara lain : simulasi terbang (ight simulation), simulasi
sistem ekonomi makro, simulasi sistem perbankan, simulasi antrian layanan bank
(service queue), simulasi game strategi pemasaran (market game), simulasi
perang (war game simulation), simulasi mobil (car simulation), simulasi tenaga
listrik (power plan simulation), simulasi tata kota (sim city).
Dalam hal peningkatan kemampuan
pasukan, US Army mencoba model pertempuran yang menghubungkan setiap prajurit
dengan sistem senjata secara elektronis. Tim peneliti dari Motorola dan
laboratorium US Army di Natick, Massachusetts, merencanakan suatu prototipe
dari peralatan untuk tentara masa depan. Helm prajurit dilengkapi dengan
mikrofon untuk komunikasi, night-vision goggles dan thermal-imaging sensors
untuk melihat di tempat gelap, dilengkapi layar di depan mata untuk mengetahui
posisi dan mampu memberikan informasi yang akurat. Selama simulasi pertempuran
di Fort Leavenworth, Kansas, divisi infantri dengan 20.000 personel, yang
dilengkapi perlengkapan yang mutakhir tersebut, mampu menaklukkan pasukan
dengan kekuatan tiga kali lebih besar. (Washington, D. W. Onward Cyber Soldier.
Time Magazine, 146 (8)).
d. Navigasi
alat-alat perang
Computer pun digunakan untuk
navigasi alat perang, contohnya radar dan sonar. Radar adalah singkatan dari
Radio Detection dan Ranging. Alat ini hampir sama dengan sonar, tetapi
menggunakan gelombang radio sebagai pengganti gelombang suara. Gelombang radio
dipancarkan dan dipantulkan kembali oleh benda keras yang diterpanya. Semakin
jauh benda yang diterpa gelombang itu semakin lama waktu yang dibutuhkan oleh
gelombang untuk kembali. Bentuk benda dan jaraknya ditayangkan pada sebidang
layar mirip televisi.
Radar dikembangkan pada tahun
1930-an dan digunakan dalam Perang Dunia II untuk mengetahui kadatangan pesawat
musuh. Kini radar digunakan dalam banyak bidang. Radar digunakan kapal laut dan
pesawat terbang untuk melihat keadaan sekelilingnya pada waktu malam dan dalam
kabut tebal.
Sonar adalah alat yang mula-mula
digunakan untuk menemukan kapal selam di bawah air. Alat itu diciptakan oleh
Inggris selama Perang Dunia I untuk memburu kapal selam Jerman yang
menenggelamkan banyak kapal sekutu. Sonar merupakan akronim dan Sound
Navigation and Ranging artinya navigasi dan penentuan jarak dengan bantuan bunyi.
5.
DAMPAK TEKNOLOGI DALAM BIDANG PENDIDIKAN
Dampak Positif
Teknologi Informasi Dalam Pendidikan
1. Informasi yang dibutuhkan untuk menjadi lebih cepat dan
lebih mudah dalam mengakses tujuan pendidikan.
2. Inovasi dalam pembelajaran tumbuh di hadapan e-learning
inovasi yang lebih memudahkan proses
pendidikan.
3.
Kemajuan TIK juga akan memungkinkan
pengembangan teleconference kelas virtual atau kelas yang berbasis yang tidak memerlukan
pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
4. Sistem administrasi pada lembaga
pendidikan akan lebih mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
5. Munculnya media massa, khususnya
media elektronik sebagai sumber pengetahuan dan pendidikan pusat.
Dampak Negatif
Teknologi Informasi Dalam Pendidikan
1. Ada biaya besar yang terlibat antara siswa miskin dan
pendidikan yang bisa berakhir menjadi kerugian. Hal ini sering disebut sebagai
faktor kesenjangan digital.
2. Kemajuan TI akan semakin memudahkan pelanggaran Hak Kekayaan
Intelektual (HKI) karena akses mudah ke
data yang menyebabkan orang plagiatis akan melakukan kecurangan.
3. Meskipun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan
seperti sistem tanpa celah, tetapi jika ada kecerobohan dalam menjalankan
sistem tersebut akan berakibat fatal.
4. Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk
berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (jangka
pendek perhatian).
5. Tes
Program kerahasiaan semakin terancam tes kecerdasan seperti tes Raven,
Differential Uji bakat dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dan
masalah tes psikologis yang ada akan mudah bocor, dan pengembangan tes
psikologi harus berpacu dengan tingkat kebocoran melalui internet.
6. Penyalahgunaan
pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak pidana. Kita tahu
bahwa kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi e-book tinggi
berpengetahuan tetapi moral yang rendah. Misalnya, dengan ilmu komputer yang
tinggi maka orang akan mencoba untuk menerobos sistem perbankan dan lain-lain.
7. Tidak membuat TI sebagai media atau
sarana hanya dalam belajar, misalnya, kita tidak hanya men-download, tapi masih
membeli buku cetak, tidak hanya mengunjungi perpustakaan digital, tetapi juga
masih mengunjungi perpustakaan.
8. Pertimbangkan penggunaan TI dalam
pendidikan, khususnya bagi anak-anak yang masih berada dalam kendali sementara
membuat pembelajaran dengan TI. Analisis pro dan kontra penggunaan.
9. Mahasiswa
dan kadang-kadang guru, bisa aspek adiktif teknologi, bukan isi pelajaran.
Hanya karena topik dapat diajarkan melalui TI, itu tidak berarti bahwa itu
diajarkan secara efektif melalui TI. Bahkan jika subjek dapat diajarkan secara
efektif melalui TI, dan ada uang yang tersedia, itu tidak berarti bahwa selalu
ada manfaat untuk itu. Ada banyak penelitian atau studi yang dilakukan untuk
melihat dan melihat apakah penggunaan TIK dapat meningkatkan pembelajaran.
10. Perlu
untuk tujuan yang jelas. TI dipandang kurang efektif (atau tidak efektif) saat
tujuan penggunaannya tidak jelas. Seperti untuk menggunakan internet untuk
mencari video porno saat menggunakan komputer di sekolah.







0 komentar:
Posting Komentar